berkebun

menanam untuk akhirat, karena buahnya besar dan sangat manis, hasilnya bisa jadi belum bisa nampak di kehidupan dunia. malah kitanya yang harus capek-capek menyirami, memupuki dan menghilangkan hama-hama yang mengganggu. mending sebulan seperti kalau menanam kangkung, lama merawatnya seumur hidup yang kita sendiri tidak tahu umur kita berapa.

ada juga pilihan untuk menanam buah yang langsung terlihat manis dan besar di dunia dalam waktu singkat. ada yang berbuah dalam sebulan, setahun, atau bahkan 5 tahun. tentu saja tetap memerlukan perjuangan untuk merawatnya. tapi saking sudah seringnya berbuah di dunia, di akhirat tidak ada lagi yang tersisa.

tentu saja penting buat menanam keduanya, karena kehidupan di dunia dan akhirat harus seimbang. tapi jangan sampai kita kalap lantas menanam tumbuhan dunia terus, tapi tanaman akhiratnya ditelantarkan. kalau seperti itu, namanya panjang angan-angan.

semoga Allah selalu memberikan petunjuk kehidupan yang baik untuk alam akhirat yang baik, dan menguatkan usaha dalam merawat tanaman akhirat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s