Family Financing (2) – Belanja Bulanan

Gimana cara mengatur belanja bulanan? Kalau saya, budget belanja bulanan saya bagi 2: setengah saya jadiin cash, setengah saya biarin di rekening.

Saya termasuk ibu rumah tangga yang jarang keluar rumah di hari kerja. Ribet. Dan belanja di supermarket juga udah jarang.. Waktu sempetnya cuma weekend, malas pula ngantri kasirnya. Dengan segala kemageran itu, inilah strategi saya dalam belanja bulanan:

1. Beli sembako di warung deket rumah, soalnya bisa delivery 😛
Biasanya saya pesen beras, aqua, gula, mentega, minyak goreng dan semacemnya di warung. Tinggal telepon, bilang mau beli ini itu, dianter deh. Warungnya udah ngesave nomer kita juga. Alhamdulillah di komplek ada warung canggih macem begini :’)

2. Beli lauk nitip ke art buat beli ke pasar.
Sungguh jauh lebih murah. Asik banget gak sih nitip ikan selar, sayur labu sama cabe buat makan bertiga sehari cuman abis 15 ribu. Ahey. Kalo di supermarket mah udah lebih mahal, cape ngantri lagi. Belum bayar parkirnya. Heuu.

3. Manfaatkan online shop yang free ongkir.
Beberapa online shop besar seperti bilna dan lazada free ongkir loh kalo belanja di atas 200 ribu. Saya biasanya beli pampers, sabun cucibaju bayi sama kapas kiloan di bilna. Free ongkir, sehari nyampe, gak repot parkir dan direcokin mbak2 toko bayi yang suka merayu2 kita buat beli barang2 aneh.. Fufufu :3 cuma menurut saya mah si bilna barang2nya cenderung high end (walaupun yg harganya waras jg msh ada)

4. Beli toileteries dan kebutuhan rumah tangga dalam ukuran besar.
Lebih go green (gak buang buang botol ukuran nanggung), jatuhnya lebih murah dan lama abisnya jadi nggak beli2 terus. Salah satu contoh kasus.. Saya beli sampo 600 ml udah 5 bulan gak abis-abis 😛

Apa lagi ya? Kira-kira itu yang biasa saya jalanin, kalau ada lagi yang punya tips belanja bulanan yang bisa ngirit, post di komen ya 😉

Leave a Reply

