Dress Yourself Up!

Minggu lalu, grup FB ITBMH gempar dengan sebuah posting dari seorang member senior yang baru saja kenalan dengan seorang instruktur senam yang sering melatih “artis bayaran” yang suka melayani pria2 hidung belang berkantong tebal. Konon katanya mereka tiap hari senam kegel pake instruktur, sebelum service mereka nyalon, senam, merawat diri dll. Pokoknya yang penting “layanan prima, penampilan oke, aksi menakjubkan, jepitan mantap.” Hii. Soal biaya? Bodo amatan… wong yang short time pemula aja bisa dapet 5 juta sekali pakai. Hohoho.

Yang di highlight adalah: sebisa-bisanya pria menjaga pandangan, banyak wanita2 kurang baik yang rajin menjaga penampilan dan performanya siap menerkam suami kita di kala lengah.

Hiks.

—-

Postingan tadi sepertinya menjadi tamparan besar buat banyak ibu-ibu termasuk saya, yang dengan excuse ngurusin bocah, bentuknya jadi nggak jelas ๐Ÿ˜‚

Di rumah sehari-hari pake baju kaos belel. Olahraga? Boro-boro. Terakhir senam, ya senam hamil *lemah*

Soal baju, kebiasaan di rumah pakai kaos gombrong dan celana batik yang belel. Waktu sebelum menikah, emang nggak jadi masalah karena saya selalu pulang kantor malam dan berangkat pagi-pagi. Tidur gak sampai 8 jam, bangun langsung mandi dan kabur lagi ke kantor (work was my life hahaha).

Begitu menikah dan jadi IRT, jreng. Baru sadar – kenapa koleksi baju saya tuh kok begini amat ya? ๐Ÿ˜… makin hari makin tersadarkan bahwa baju yang dulu hobi saya pakai di rumah itu gak pantas. Lalu terinspirasi juga dari Bu Septi founder Institut Ibu Profesional, beliau nggak mau terlihat lusuh di rumah. Beliau sebagai Ibu harus profesional, pake bajunya juga harus rapi dong walaupun di rumah.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk insaf. Kaos gombrong belel saya masukin ke kardus. Celana batik pendek aneh juga masuk ke kardus. Baju gamis yang udah jarang dipakai jalan, dijadikan baju ‘ngantor’ di rumah. Mulai merencanakan budgeting untuk pengadaan baju tidur layak pandang (bukan lingerie ye, masuk angin sayamah pake kayak gituan, geuleuh juga makenya).

Untuk pakaian di rumah, beberapa menyarankan pakai h&m karena modelnya lucu-lucu. Nyontek model aja kali ya,aselinya mah beli di plaza semanggi aja demi pengiritan ๐Ÿ˜€

Pinterest: @ theapresgal โ„โ–ณ | Jammies on, hot cuppa tea & teddy bear slippers. Ideal.:

No kaos belel dan batik lusuh, yes? Don’t be an eyesore:)

Untuk penampilan di rumah, beberapa orang merekomendasikan untuk memakai make up di rumah. Cuma kalo dipikir-pikir ribet kan ya, ketemu suami udah malem, ngantuk pula. Bisi ketiduran sambil pakai make up lengkap, salah-salah jerawatan ๐Ÿ˜… saya lebih suka berinvestasi di skincare yang bagus dan cocok, jadi nggak usah dandan udah cakep (dengan harapan punya kulit macem artis korea – emangnya sulap). Plus suami saya sebenarnya lebih suka saya nggak dandan. Wong waktu nikahan aja beliau shock liat muka istrinya didandaninย ๐Ÿ˜›

Awalnya saya beli bodyshop aja masih suka mikir, diirit-irit, kalau bisa ya ganti merk yang lebih murmer. Tapi setelah gonta-ganti merk kok ya cocoknya sama yang itu. Padahal suka guilty feeling kalau beli bodyshop karena harganya yang lumayan (padahal mah habisnya juga lama sih). Tapi kemudian suami dikasihtau seniornya di kantor (laki-laki): “Nggak apa-apa kali istri dikasih skin care yang bagusan, investasi itu. Nanti ke depannya yang menikmati kan kita juga.”ย ๐Ÿ˜€

Oh iya banyak teman-teman yang sudah 30an menyarankan untuk pakai SK-II FTE, konon hasilnya luwarbiasa sekali (harganya juga..). Karena penasaran, impulsif dan atas nama ‘berniat berhias untuk suami’, akhirnya saya beli…. testernyaย ๐Ÿ˜› Bodo amat seuprit, itaqullahu mastatho’tum hahahah.

Minimal + Classic: la sombra de ojos es perfecta:

Gimana yak biar bisa muka cring kaya gini tiap hari…. (tapi ini mah mbaknya udah cakep dari sananya)

Kesehatan tubuh dari dalam juga sangat penting. Mau dandan tebel macem syahrini, kalau tubuh kita nggak sehat pasti kelihatan kok. Saya adalah saksi hidup transformasi teman saya yang sekarang jadi sering olahraga. Tanpa harus pakai make up aneh-aneh, wajahnya sudah terlihat segar dan jadi semakin cantik.

Aku kok nggak olahraga?

Gimana ya anak 2 masih kecil-kecil… *excuse*

Sebenarnya saya sudah download apps skimble di HP, apps ini menyediakan set-set workout sesuai dengan waktu dan intensitas yang kita inginkan. Padahal mah dulu saya atlet taekewondo lho, kenapa sekarang jadi kayak ager-ager gini ya ๐Ÿ˜‚

Makanan juga harus dijaga. Gorengan dan gula berlebih itu musuh sebenarnya. Walaupun saya doyan tapi ya emang harus dikurang-kurangin. Walhasil sekarang banyak stok nanas dan pisang di rumah kalau lagi pengen manis makan buah aja hehe…. Jadi inget waktu bulan ramadhan benar-benar stop minuman manis dan hanya makan kurma aja, malah lebih enak di badan. Minum air juga harus minimal 2 liter sehari. Love your body and your body will thank you ๐Ÿ˜ƒ

Tapi pada akhirnya, sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita solehah — di poin inilah kita berpeluang untuk mengalahkan mereka itu. Muka pake SK-II, tas pake hermes kalo akhlak ala maklampir kan ya kabur juga orang ๐Ÿ˜‚

Jaga sholat kita, hiasi wajah kita dengan wudhu. Bentengi diri kita dengan zikir, perindah ucapan kita dengan tilawah Al-Qur’an. Buat yang udah nikah, baca lagi hak dan kewajiban suami. Buat yang belum nikah, baca juga aja, nanti suaminya seneng deh punya istri pintar.

Mengutip kata Bu Michelle Obama dari laman facebooknya (kalau gak salah): “If you see other’s grass is greener than yours, don’t whine. Step up and water yours.”

Kalo rumput tetangga lebih hijau, gak usah misuh-misuh, urusin aja rumput halaman sendiri biar gak kalah hijau ๐Ÿ˜›

Akhir kata, Allah lah yang maha membolak-balikkan hati manusia. Mari kita maksimalkan ikhtiar kita untuk membahagiakan pasangan kita ๐Ÿ™‚

 

Someday I Have To Let You Go

Sebesarnya cintaku kepadamu,
tetap tidak bisa lebih besar dari cintaku ke Allah dan Rasul-Nya
Suatu hari nanti aku harus mengikhlaskanmu,
Entah kau yang dipanggil pulang terlebih dulu,
Atau kita masih ada usia untuk merasakan jihad di jalan Allah
Sesungguhnya panas di dunia tak seberapa dibanding panasnya neraka jahanam,
Dan apabila kamu masuk ke surga-Nya,
masihkah kau akan ingat kepadaku?

 


untuk suamiku yang tidak boleh dicintai lebih dari cinta ke Allah dan Rasul-Nya ๐Ÿ™‚

Kumaha atuh ya Allah, kalau dititipkan makhluk yang baik, semoga saya bisa amanah menjaganya sampai kau ambil kembali.

 

Dilema Carseat

Kalau kamu sering wara wiri dengan kendaraan pribadi dan punya bocah cilik yang selalu ngekor, artinya kamu butuh carseat!

Carseat itu apa ya?

Carseat adalah kursi khusus bayi (ya eyalaah..) yang didesain khusus agar anak kita aman dan ajeg selama kita berkendara di mobil. Desainnya juga disesuaikan dengan ukuran anak-anak, sehingga kalau terjadi kecelakaan anak-anak juga seaman orang dewasa yang mengenakan sabuk pengaman (sabuk pengaman mobil kan nggak compatible sama ukuran badan bocah).Car seat sendiri ada 2 tipe, yaitu infant carseat yang berbentuk seperti keranjang dan menghadap belakang, dan toddler carseat yang bentuknya seperti kursi menghadap ke depan.

Baby gear yang satu ini memang belum terlalu populer di Indonesia. Mungkin karena kita kebiasaan bawa anak-anak dengan kendaraan sambil dipangku. Padahal, kalau terjadi kecelakaan, anak-anak itu bisa mental dengan sangat gampang dan pastinya berbahaya buat mereka. Di negara maju, keluarga yang baru melahirkan wajib membuktikan kalau mereka punya carseat untuk membawa pulang bayinya demi keamanan si bayi.

Saya sudah sangat aware dengan urgensi carseat karena saya sering bepergian dengan anak-anak. Selain aman, carseat juga mengajarkan kita untuk mandiri. Dengan anak yang duduk aman di carseat, kita bisa mengemudi dengan tenang dan nggak perlu repot bawa asisten atau keluarga. Walhasil, waktu lahiran anak pertama, mertua nanya mau dikasih hadiah apa dan saya dengan mantap menjawab “carseat”. Mereka cuma heran karena mungkin benda itu belum populer di zaman dahulu hehehe…

Ndilalah yang dibeliin ibu mertua ternyata infant carseat, jadi cuma bisa dipakai sampai umur 1 tahun saja hiks hiks.. padahal ada carseat yang bisa dwifungsi sehingga nggak perlu beli lagi carseat yang hadap depan. Akhirnya setelah si kakak umur 1 tahun, saya jadi sering ajak ART saya buat megang si kakak.

Eh makin si kakak gede makin ngelunjak. Awalnya minta duduk di depan. Lama-lama selama perjalanan berdiri di kursi depan dan nggak mau duduk. Kacau.

Klimaksnya adalah saat saya sekeluarga harus pergi ke bandung berempat saja. Saya,ย suami, si kakak dan si adik. Si adik mah tenang aja ngumpet di carseat infant warisan kakaknya.. Nah si kakak ini belum punya carseat sendiri huhuhuhu. Jadilah selama perjalanan ke bandung doi berdiri di kursi depan, dan endingnya minta dipangku suami terus tidur dipangkuan suami. Di jalan tol cipularang.

Bahaya? Emaaangg…ย Makanya saya langsung bergalau ria mikirin carseat buat si kakak.

Pertimbangan saya untuk nggak langsung beli carseat adalah karena itu gear mahal. Harganya di atas 1 juta, dan takutnya kalau udah beli dia nggak betah. Sempat mempertimbangkan untuk sewa, harga sewanya juga lumayan ternyata. Dan carseat itu sangaaat makan tempat. Berhubung mobil sharing sama mamah, asa rempong banget ya dlm 1 mobil yang cuma 2 row ada 2 carseat.

Sampai saya menemukan benda bernama portable car seat – aslinya mah cuma kayak sabuk pengaman khusus bocah yang bisa dipasang di kursi mobil. Daripada si bocah bernanuver di mobil, coba beli dulu deh. Kebetulan harganya pun cukup terjangkau.

 

Image result for portable carseat kiddy

Macem ini portable carseatnya, maaf ya dek tante pinjem mukanya hoho

Pas banget saat kita mau pergi jalan-jalan, datanglah kiriman carseat portable ini, horeee… Kami langsung pasang di kursi depan mobil.

Dan ternyata si kakak sangat antusias dengan mainan barunya! Dia duduk tenang sepanjang perjalanan, malah bisa tidur pula. Kalau dari wujudnya saya lihat cukup meyakinkan, in case terjadi tabrakan anaknya ngga akan mental insya Allah. Akhirnya bisa pergi ke luar kota berempat saja dengan tenang… fyuuh… Dan dompet selamat jadi nggak usah beli carseat juta juta hehe.

Jadi sekarang kalau bepergian, biasanya bapak menyetir, kakak dan portable carseat nya di depan, adik di infant carseat di belakang driver, dan saya di sebelah adik ๐Ÿ˜€Sebenarnya kalau anggota keluarga sudah segini idealnya mobilnya mpv, tapi ya namanya jg mobil sharing, mudah2an Allah berkahi kendaraan keluarga kami juga supaya kami selalu selamat di perjalanan ๐Ÿ˜‰

Jadi, nggak ada salahnya mencoba portable carseat untuk safety bocah di perjalanan ๐Ÿ™‚

 

Rumah Bocor vs Tukang

Rumah bocor? Fyuuh.. siapa sih yang nggak pernah mengalami.. Makin berasa jika musim hujan mulai menghampiri. Tahun lalu, saat hujan sedang deras-derasnya, dinding kamar saya bahkan jadi ada rembesan airnya kayak air terjun.. hahahaha. Nah, mumpung hujan belum terlalu sering, saya pun memutuskan untuk segera memperbaiki kebocoran yang mengganggu ini.

Apa saja masalahnya?

1. Dinding kamar saya dan dinding ruang keluarga yang berbatasan langsung dengan tanah kosong selalu kerembesan air setiap hujan.

Penyebab A:
Plesteran di ban-banan atap (pertemuan antara dinding dan genteng) mulai retak sehingga merembes.

Solusi A:
Plester ulang dengan menggunakan semen waterproof (saya beli merk sika), bisa juga dilapis lg dengan waterproofing layer (aquaproof, sika dll).

Penyebab B:
Saat diperiksa (lihat ke dinding samping, jalan dulu ke tanag kosongnya) ternyata ada beberapa plesteran yg sudah menggembung karena kemasukan air.

Solusi B:
Ketrik plesteran di titik yang sudah gembung, plester ulang. Kemudian dilapisi cat waterproof.

2. Dinding depan rumah saya yang ada jendelanya selalu kena rembesan air tiap hujan.

Penyebab:
1. Ada retakan di dinding yang menjadi celah masuk air
2. Jendelanya tidak ada kanopi sehingga air tampias

Solusi:
1. Retakan dinding bisa disilen
2. Bisa cat waterproof untuk dinding bagian luar
3. Pasang kanopi untuk mencegah tampias di kemudian hari

—–

Nah persoalannya sih cuma begitu aja, masalahnya adalah susah nyari orang yang mau ngerjain. Tukang langganan saya kadang somse banget kalo sibuk jadi walhasil saya pun mencoba cari tukang lain berdasarkan rekomendasi tetangga.

Datanglah si Mas X. Saya minta observasi titik bocor. Sekalian lihat ke loteng buat cek atap (kebetulan atap rumah masih kayu, dan emang udah keropos. Tapi nggak bakalan ganti juga sampai 4 tahun ke depan karena mau sekalian memperbesar kamar buat kamar anak jadi biar atapnya sekalian diperbesar)

Hasil:
1. Mas X menyarankan buat ganti atap pakai baja ringan
2. Mas X menyarankan untuk ketrik plesteran dan ganti plesteran baru (seperti yang saya jabarkan di atas)

Biaya yang ditawarkan:
Borongan untuk ganti atap 35 juta
Borongan untuk ganti plesteran 15 juta, kira2 8 hari kerja

Kemahalan! Saya cuma bilang ke masnya, mahal banget mas. Coba kasih rincian ke saya biar saya tau apa sih yg bikin mahal. Nanti saya ngobrol dulu sm suami saya. Masnya pun mengiyakan.

Saat saya cerita ke suami, doi cuman komentar “ngasal kali bu. Coba kamu itung bahannya, kan kamu yang ngerti gituan” (kebetulan saya emang suka wara wiri toko bangunan sehubungan dengan kerjaan saya)

Dihitung2 pun nggak sampai 6 juta. Jadi males deh nawarnya ke mas ini. Skip.

—-

Tukanh berikutnya yang saya temui adalah Mas Y. Ketemunya karena kebetulan papasan sama istriny yang lagi bawa anaknya jalan2, dia pun cerita suaminya tukang. Wah, boleh juga nanya dulu. Saya pun mengundang Mas Y untuk ke rumah dan survey suasana.

Saya lupa dia nyaranin apa.. hahaa. Saya tanya bagaimana sistem kerjanya. Dia bilang harian, per hari 175 ribu buat dia itu juga dikasih tambahan beras dan lauk buat dimasak. Wew mahal bener.

Saya tanya, kerja berapa orang dan berapa hari? Dia bilang wah belum bisa mastikan, karena kerjaan kayak gini bisa merembet kemana-mana, kalo orang nggak ngerti mah nggak tau kerjaannya.

(Mas, saya arsitek lho)

Saya cuma bilang, ya itunglah kira2 butuh berapa lama dan berapa orang. Terus saya perlu beli apa aja. Supaya saya tau saya harus keluar uang berapa. Uang saya kan juga bukannya gak terbatas.

“Oh iya bu. Kalo bos saya yang sekarang mah, katanya terserah saya aja, yang penting kerjaan aman, beres”

Yang ini juga saya skip karena:
1. Nggak bisa estimasi jumlah orang yang kerja dan jumlah harinya. Menunjukkan: kurang pengalaman, atau nggak paham masalah, atau emang niat ngelama2in
2. Saya nggak masalah kalau akhirnya ternyata harus nambah hari karena pekerjaannya ternyata ada hambatan asal dikomunikasikan ke saya.
3. Menangkap tanda tukang malas di mas yang ini karena waktu saya ketemu di rmh yang lagi dia benerin istrinya bilang “mampir aja mbak itu suami saya lg nganggur kok” ternyata banyak kerjaan di sana yang belom beres. Edan juga bosnya burning money 175rb per hari buat kerjaan yang misterius. Haha.

Berhubung udah kadung gak percaya, daripada suuzon, skip.

—-

Akhirnya saya pun nelepon mas Z, tukang langganan saya..ini orangnya baek dan kerjanya bener cuma somse aja kalo sibuk. Kadang2 suka nelepon minta tolong benerin pompa air yg suka ngadat aja suka ga mau dibayar haha. Nah ternyata kebetulan mas Z ini dibolehin sama bosnya buat bantu di rumah saya dulu, alhamdulillah. Mas Z bilang untuk pekerjaannya kira2 4 hari (saya juga minta sekalian ngecat kamar hehehe) yang kerja berdua. Ongkos upah berdua 215 ribu. Setelah diskusi dengan mas Z, berikut estimasi harga yang dibutuhkan:

Man power 4 x 215 ribu = 860 ribu
Semen 1 sak (40 kg) 58 ribu
Pasir 1 gerobak 32 ribu
Semen waterproof 5 kg 62.500
Aquaproof 4 kg 175.000
Sika raintite 4 kg 151.000
Sealant 1 buah 25.000
Cat roll 2 55.000
Tempat cat 2 25.000
Kuas 3 inch 2 20.000
Bahan utk stager bambu 650 ribu
Kanopi baru 800 ribu

Total : 1.963.500

Extra:
Cat dulux easyclean buat kamar 4 x 156 rb = 732 ribu
Perbaikan talang carport 200 ribu
Stop kontak tutup 2 buah 100 ribu
Total 1.032.000

Super total:
2.995.500

Bandingin ama yang 15 juta dah….

Kata suami saya, kalau puas dengan kerjaannya dan bagus, tambahin deh uangnya…

Kira2 begitu perkiraannya. Mudah-mudahan pekerjaan lancar dan nggak ada tambahan sana sini ๐Ÿ™‚ aamiin.