Conscious Mistake

Why would a person do a mistake consciously? What a fool…

But in fact, we do this everyday...

Bagaimana perasaan kita kalau anak buah kita di pekerjaan selalu melakukan kesalahan. Padahal sudah diberitahu yang benar itu apa, dan bagaimana cara mengerjakannya. Ngepel lantai itu yang bener pakai kain pel dan cairan pembersih lantai. Kalau udah dikasih tau terus masih aja ngepel pakai sabun pencuci piring ya apa nggak gedek?

(kalimat terinspirasi dari teh CQ yang menggunakan jasa bebersih online dan mbaknya pakai deterjen buat ngepel lantai xD)

Tapi kenapa ya kita sendiri masih sering melakukan hal-hal yang salah secara sadar?

Udah tau tahajud itu baik, kenapa bangun susah amat.

Udah tau bayar hutang harus disegerakan, malah ditunda-tunda dan beli barang yang nggak penting.

Udah tau menggengam besi panas lebih baik daripada bersentuhan dengan yang bukan mahram, masih aje salaman sama yg non mahram.

Udah tau makanan haram yang menjadi daging di tubuh kita akan dibakar dulu di api neraka, kenapa masih aja jajan sembarangan…

Udah tau dosa riba paling ringan sama dengan menzinahi ibu kandung sendiri, kenapa juga masih nekat ngambil KPR #jedotinpalaketembok

Masih panjang lah kalau dibuat listnya 😐

—-

Mengacu kepada kajian Ustadz Nouman Ali Khan yang baru saya baca, kurang lebih begini isinya:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa setiap kali kita berbuat dosa, ada kegelapan di hati kita. Dan apabila kita terus berbuat dosa maka kegelapan itu akan bertambah sampai seluruh hati kita dikelilingi oleh kegelapan. Jadi begitulah persisnya setan bekerja. Dia bekerja perlahan tapi pada akhirnya dia akan berhasil jika Anda membiarkannya.

(untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat kajiannya di sini)

Juga Ustadz Kholid Basalamah pernah menyampaikan dalam suatu kajian (kurang lebih begini isinya):

Kebaikan dan maksiat itu seperti sebuah spektrum. Saat kamu menikmati yang satunya, akan sulit untuk menikmati yang lainnya.

Banyaknya dosa yang kita perbuat meninggalkan kegelapan di hati kita. Semakin merasa mudah untuk berbuat dosa, kali berikutnya akan jauh jauh jauh lebih mudah… Seperti efek bola salju. Tapi begitu juga dengan kebaikan. Semakin kita banyak berbuat kebaikan, akan mudah berbuat kebaikan yang lain. Percaya nggak, membiasakan makan dengan tangan kanan dan tidak sambil berdiri bisa berefek kepada nikmatnya sholat? (Ini beneran lho)

Saat kita sedang bermudah-mudah dalam melakukan kesalahan secara sadar, mungkin Allah sedang menghukum kita dengan mencabut taufiq dari hati kita.

Itulah sebabnya kita shalat 5 waktu dengan bacaan Al Fatihah berkali-kali.

Tunjukilah kami jalan yang lurus

Apakah saya keluar rumah pakai jilbab atau nggak?

Hari ini makan siang di restoran yang jelas halal atau nggak?

Semua kebimbangan dalam keseharian hidup, seharusnya sudah ada jawabannya di sana…

—-

Ah, ya Allah, aku tahu Engkau tidak suka hambamu yang tidak mengerjakan apa yang ia katakan…

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Semoga Allah karuniakan taufiq dan hidayah kepada kita untuk selalu mengambil jalan yang lurus dalam kehidupan.

 

Advertisements

2 thoughts on “Conscious Mistake

  1. Sayangnya, kalo gua liat acara-acara debat di TV, orang-orang yg suka “pamer” imannya lewat atribut-atribut agamis itu akal dan budinya dangkal, kata-katanya pun sebusuk hatinya. Sementara orang yg bijaksana, punya pemahaman yg dalam terhadap agama dan kemanusiaan, justru tampil sederhana, biasa aja, ga perlu pamer-pamer imannya lewat atribut atau penampilannya karena iman dan budinya sudah tercermin lewat sikap dan kata-katanya.
    Kasihan memang Indonesia…terlalu banyak orang ngakunya beriman, tapi tidak berhati nurani

    • yah begitulah sedihnya ya 😦 padahal kalau di islam diajarkan adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal. kalau orang pinter buanget tapi adabnya kurang, ya bubarlah sudah (sayangnya banyak yg terjadi kayak gini nih) semoga kita selalu menjadi org yg beradab dan berilmu sehinga bs mengamalkan hal2 yg bermanfaat bagi orang lain yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s