Komunikasi Produktif – Day 1

โ€‹Dalam berkomunikasi dengan keluarga, saya cenderung tidak ada masalah dalam komunikasi ke suami (mungkin karena beliau sudah komunikator yang baik dari sananya) tapi payah banget kalau ke anak. Semua kesalahan komunikasi sepertinya sudah pernah terjadi akibat saya yang kurang santai dan kurang sabar, hiks.

Dan ilmu komunikasi produktif dari IIP ini harusnya bukan hal baru, tapi mengamalkan ilmu itu memang lebih greget daripada sekedar tahu saja, hehe..

Hari pertama ini, saya merasa sangat terbantu dengan penggunaan kalimat positif. Dengan mengubah semua perintah ke anak menjadi kalimat positif, jadi terasa kita harus berpikir sebelum bicara, jadi nggak asal ngomel hehehe. Untuk anak, saya sekarang sering menggunakan instruksi “ayo nonton tv di kursi saja ya”, daripada “jangan nonton dekat-dekat”. Tapi sepertinya untuk hal darurat seperti mengingatkan si kakak yang suka iseng niban adik bayinya tetap harus keluar kata “jangan” ๐Ÿ˜›

“KISS” juga membantu untuk menginstruksikan macamm-macam ke si kakak, ibrohnya jadi tambah belajar sabar, da namanya balita mah harus diinstruksikan step by step memang.

Pelan-pelan saya belajar mengapresiasi si kakak sekaligus mengenalkan Allah untuk kakak. Tapi reaksinya si kakak malah agak lucu…

I: Kakak tolong ambilkan roti ya di tukang roti

K: oke *dikerjakan*

I: wah kakak hebat ya bisa bantu ibu beli roti. Ibu suka, Allah juga suka.

K: … Allah suka roti?

๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Ya masih banyak yang harus diperbaiki, semoga hari berikutnya lebih baik!

#hari1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktid

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s