Aneh

Tetangga depan kami, Pak D, bekerja di sebuah dinas pelayanan publik di Jakarta. Jabatan beliau sudah cukup tinggi, setiap hari beliau dijemput mobil dinas. Suami saya terkadang mengobrol dengan Pak D saat bertemu di masjid. Saya pun cukup akrab dengan istrinya, Bu C.

Keluarga mereka ini cukup nyunnah. Setiap adzan berkumandang, kalau sedang ada di rumah, Pak D dan anak sulungnya yang laki-laki langsung bersiap menuju masjid. Tentu saja Pak D berjanggut dan bercelana cingkrang. Beberapa waktu yang lalu, Pak D bahkan membeli seperangkat alat panahan. Anak sulungnya sekarang belajar di pesantren tahfidz di Aceh, kampung halaman istrinya.

Beberapa kali mengobrol dengan suami saya, Pak D menceritakan betapa sulitnya menjalankan sunnah di kantornya. Entah mengapa, walaupun di kantornya sebagian besar beragama islam, setiap ada yang berpenampilan nyunnah sedikit seringkali disindir-sindir, bahkan sampai bisa dimutasi. Pak D sebagai pejabat dengat pangkat yang sudah cukup tinggi akhirnya sering pasang badan untuk membela staf-staf yang diperlakukan tidak adil. 

Suami saya sangat bingung dengan fenomena ini. Suami saya bekerja di perusahaan join operation antara perusahaan Indonesia (yang dimilili keturunan Cina) dan perusahaan e-commerce Cina. Mayoritas atasan dan karyawan kantor adalah non muslim. Namun mereka tidak ada yang mempermasalahkan penampilan suami saya. Suami saya sudah menyampaikan tentang jadwal ibadahnya dan bagaimana dia berharap agar pekerjaan kantor bisa tetap bersinergi dengan kegiatan ibadah, dan Bosnya hanya bilang “Nggak masalah, kamu silakan atur saja.”

Aneh saat suami saya yang minoritas tetap dihormati oleh mayoritas, namun rekan kerja Pak D yang mayoritas tidak dihormati oleh yang mayoritas.

Namun, terlepas dari menjadi mayoritas ataupun minoritas, bukankah sebagai sesama manusia kita harus saling menghormati?

Leave a Reply

