Halal dan Thayyib

Sebagian besar dari kita kaum muslimin sangatlah peduli dengan kehalalan apa yang dikonsumsinya. Banyak dari kita yang sudah mempelajari titik-titik kritis dari produk makanan, dan mulai memahami bahwa tidak halal bukan sekedar babi dan miras saja. Sebagian memilih untuk mengkonsumsi hanya produk yang bersertifikat halal MUI (yang tidak bersertifikat belum pasti haram ya, hukum dasar semua hal dunia adalah halal kecuali ada dalil yang mengharamkan. Biasanya kalau ke gerai tak ber-SH misalnya nasgor gerobakan bisa ditanya pakai arak/angciu/nama bahan mencurigakan lainnya atau nggak). Begitupun untuk fashion, semakin banyak orang yang berhati-hati supaya tidak salah beli sepatu atau tas yang terbuat dari kulit babi, bahkan sebuah merk dagang hijab mengklaim bahwa hijabnya tersertifikasi halal.

Namun banyak dari kita yang melupakan bahwa bersama halal ada juga thayyib – baik. Berapa banyak dari kita yang memakan makanan halal tapi tidak thayyib?

Perumpamaannya seperti ini. Saat kita lapar dan ingin makan, apakah kita akan memilih makanan lengkap gizi ala warteg seharga 25 ribu rupiah per porsi, ataukah kita akan memilih hidangan nasi gulung pakai ikan mentah seharga 20 ribu per gulung?

Saat kita haus dan ingin minum, apakah kita akan memilih air mineral yang sederhana dan menyehatkan, ataukah minuman aneka rasa gula semacam frappucinno yang kalau kebanyakan gula ujung-ujungnya bisa bikin kita diabetes?

Saat kita ingin ngemil di jam tanggung, akankah kita memilih cokelat manis yang lezat tapi bikin diabetes atau buah yang lebih menyehatkan?

Semoga menjadi perenungan terutama bagi saya sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s