Melepas Gelar

Ada suatu masa di mana saya merasa kesulitan kalau memperkenalkan diri dan ditanya lulusan mana – suara saya bergetar saking bangganya sama almamater saya, hahaha hampas banget ya. Alhamdulillah sekarang sudah enggak.

Setelah menyadari, di luar segala label-label saya alumni mana/anak siapa/istri siapa ya toh saya ini cuma pendosa yang kalau ngepel nggak bisa lebih bersih daripada suami saya dan mbak yang bantu saya di rumah

Siapa orang yang paling menerima kita apa adanya?

Seringkali adalah kaum marginal, yang saat bertamu ke rumah dinomerduakan dari tamu yang lebih berpangkat daripada mereka.

Adapun yang berpendidikan, terkadang baru mau “mendengar” setelah diberi perkenalan tentang siapa kita, lulusan mana, kerja dimana, etc etc.

Siapa yang akhlaknya paling mulia di dalam sebuah rumah? Bisa jadi pembantu rumah tangganya yang selalu siaga bebersih dan menyuguhkan makanan kepada tamu dan penghuni rumahnya.

Lepaskan semua gelar dan jabatan, dan nilai diri dari kemuliaan akhlak, dan lihat betapa seringkali kita hanyalah remah rengginang dibandingkan tukang sampah yang tanpa lelah membersihkan lingkungan rumah kita, yang rela berkotor-kotor di selokan demi mencegah banjir di kota kita.

Tapi nyatanya, kita hidup di dunia di mana sebutan gelar dan almamaterlah yang membuat mata lawan bicaranya berbinar-binar.

Pada awal Rasulullah Shalallahu Alayhi Wassalam menyebarkan agama islam, orang miskin dan budak berbondong-bondong masuk islam. Karena di agama inilah mereka menemukan kehormatan dan kemuliaan tanpa memandang status sosial. Bilal bin Rabah yang kini dikenang sebagai muadzin pertama dengan suaranya yang merdu, tanpa adanya islam sampai matinya statusnya hanya sekedar menjadi budak belian.

—-

Rasulullah Shalallahu Alayhi Wassalam pernah bertanya kepada Bilal Bin Rabah, “Apa pendapatmu tentang kematian?”

Bilal Bin Rabah menjawab, “Marhaban bil maut!” (Selamat datang kematian)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s