Didikan Tangan Sendiri

Sebaik-baiknya seorang Ibu adalah yang bisa mendidik anaknya dengan total dengan tangannya sendiri. Pertanyaannya, bagaimana kalau ternyata Ibunya sendiri belum selesai dengan dirinya sendiri?

Apakah saya akan membicarakan tentang inner child? Mungkin. Saya adalah contoh orang yang ingin sekali bisa mendidik anak saya sendiri. Semuanya. Motorik kasar, motorik halus, adab iman islam, ngajar ngaji, ngajar tahfidz, ngajar olahraga – you name it. Tapi kenyataannya adalah, you just can’t teach what you can’t do. Susah lah mau ngajarin anak matematika kalau Ibunya aja lihat angka sudah mules duluan, hahaha, itu mah saya.

Anyway, saya mau jujur: Saya bukan guru yang baik. Stok sabar saya cuma secuprit. Daripada sok-sokan menstimulasi anak sendiri (bikin craft apalah inilah itulah lalu spaneng sendiri mikirin ngeberesinnya) saya memutuskan untuk melakukan hal yang saya cukup ahli dalam melakukannya: SUBKON DAN MANAGE.

Serahkan sesuatu pada ahlinya. Saya lebih nyaman menitipkan pendidikan anak saya barang 2-3 jam ke guru-guru yang berpengalaman dengan lingkungan kondusif. Saya pun bisa rehat, mengerjakan hal-hal lain, dan ketemu anak dalam kondisi fresh. Percayalah digelendotin anak 24 jam sehari itu draining energy sekali.. Iya, pahalanya banyak. Tapi kalau kitanya capek dan jadi zolim ke anak-anak kita dosanya juga buanyak to.

Selain sekolah, saya pun memutuskan untuk subkon belajar ngaji dan bela diri anak saya ke guru yang berpengalaman. Lah terus Ibunya ngapain dong? Boi, Ibunya lagi ASI si adek umur 1 tahun, manalah bisa ditinggal. Saya butuh semua energi yang tersisa cuma untuk tersenyum dan tampak prima bagi anak-anak dan Bapake anak-anak. Anyway, saya masih berusaha mengajarkan adab-adab ke anak-anak, juga masih mengetatkan no tv no gadget demi anak-anak main di luar saja.

Bagaimanapun juga, “daycare” terbaik adalah program dari ortunya sesuai visi misi keluarga. Apakah akan ketemu daycare di yang cocok dengan konsep saya di bandung? Heuheu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s